Soal dan Pembahasan Kompetensi Teknis Profesional SD Lengkap
1. Himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dengan dua perubah x-y = 5 dan 2x-3 = 3 adalah...
a. (7,2)
b. (-7,2)
c. (-2,-7)
d. (2,7)
Jawaban C
2. Karakteristik pembelajaran IPS salah satunya adalah kajian sejarah. Sejarah merupakan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Sehingga sejarah peristiwa yaitu peristiwa yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada waktu lampau. Sejarah sebagai peristiwa merupakan suatu kejadian di masa lampau yang hanya sekali terjadi serta tidak bisa diulang kembali. Perhatikan kalimat dibawah ini!
1. sejarah sebagai peristiwa yang abadi
2. sejarah sebagai peristiwa yang dinamis
3. sejarah sebagai peristiwa yang unik
4. sejarah sebagai peristiwa yang penting
Ciri utama dari sejarah sebagai peristiwa adalah
sebagai berikut…
a. (1,2 dan 4)
b. (1,2 dan 3)
c. (2,3 dan 4)
d. (1,3 dan 4)
Jawaban D
3. berikut ini yang termasuk gejala alam abiotik
yang dipengaruhi oleh gejala alam biotik seperti batuan yang ditumbuhi lumut adalah…
a. Pelapukan
b. Fotosintesis
c. Metamorfosis
d. Pernafasan
Jawaban A
4. Dalam sejarah kehidupan manusia terdapat
hubungan antara manusia dengan lingkungan alam sekitarnya yang lebih dalam dan
dengan baik dan yang akan terjadi adalah…
a. Kesehatan, kesejahteraan dan kenyamanan hidup
b. Kerusakan lingkungan dan bencana alam
c. Kemunduran, kesengsaraan dan kemiskinan
d. Polusi tanah, udara dan lingkungan kumuh
Jawaban A
5. Ada seorang pemuda sedang meneropong kelompok
band kesayangannya diatas panggung, jika fokus lensa objektif lensa teropong
diketahui 14 cm, fokus lensa okulernya 2 cm, maka perbesaran kelompok band yang
ada di panggung adalah…
a. 7x
b. 8x
c. 12x
d. 16x
Jawaban A
Pembahasan
Dik:
fob=14 cm, fok=2 cm
M = fob/fok = 14/2 = 7 kali
6. Dua garis lurus berikut : 4x – y + 2 = 0 dan y=
4x +1 adalah…
a. Berpotongan di beberapa titik
b. sejajar
c. Berpotongan dua titik
d. Tegak lurus
Jawaban B
7. Mengajar dikelas yang berjumah 40 orang siswa.
Kegiatan yang dilakukan oleh siswa adalahmengulangi pelajaran yang telah
diberikan. Anda mengamati kegiatan pembelajaran namun selama pengajaran masih
cenderung ramai dan banyak siswa yang bergurau. Berdasarkan hal tersebut,
tindakan anda adalah…
a. Memberikan aturan baru dalam berdiskusi dengan
materi yang berbeda setiap kelompok
b. membebaskan siswa untuk berdiskusi meskipun
ramai an gaduh
c. Memberhentikan diskusi dan memaksa siswa untuk
memperhatikan
d. Membiarkan saja kegiatan diskusi yang
berlangsung dengan anggapan diskusi cenderung ramai
Jawaban A
8. Untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional
anak, guru lebih tepat memilih alat permainan…
a. Sepeda tiga roda, gerobak kecil dan bola
b. Kartu gambar, kartu kata dan kartu suku kata
c. Cermin, pakaian kostum dan aksesorisnya
d. Krayon, spidol dan kertas gambar
Jawaban A
9. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya
bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era
globalisasi saat ini, dengan maksud agar…
a. Terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa
indonesia
b. Tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa luar
c. Adaptif dengan arus globalisasi saat ini
d. Nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam
jiwa bangsa kita
Jawaban D
10. Pak Tino akan menjelaskan konsep perkalian
sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik kepada siswa kelas 3
SD dengan peragaan sebagai berikut:
i) Pak Tinomengajak siswa mengamati lima ekor
kucing yang ada dihalaman sekolah
ii) Banayak kepala seekor kucing ada 1, sehingga
banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 1
iii) Banayak kepala seekor kucing ada 2, sehingga
banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 2
iV) Banayak kepala seekor kucing ada 4, sehingga
banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 4
Peragaan yang dilakukan oleh Pak Tino dalam
pembelajaran Matematika termasuk pembelajaran…
a. Inquiry and Discovery Learning
b. Contekstual Teaching and Learning
c. Problema Based Learning
d. Cooperative Learning
Jawaban B
11. Hukum merupakan salah satu macam norma yang
ada di masyarakat. Sebagai norma hukum memberikan petunjuk yang mengatur dan
menentukan tingkah laku dari…
a. Antar golongan
b. Golongan
c. Orang yang satu terhadap orang yang lainnya
d. Orang pribadi
Jawaban C
12. Menurut aturan yang ada yang dapat menjadi
warnga negara indobesia antara lain adalah anak yang lahir di wilayah negara RI
yang pada waktu lahir tidak memiliki status kewarganegaraan ayah dan ibunya. Anak baru lahir yang ditemukan
diwilayah negara RI selama ayah dan ibunya tidak diketahui. Dengan memiliki
aturan yang terdapat dalam UU kewarganegaraan, maka NKRI menganut asas…
b. IUS Soli
c. IUS Sanguinis
d. Apatride
Jawaban B
13. Sebuah bangun jajargenjang PQRS
mempunyai sifat sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang dapat
dibentuk dari 4 buah titik dengan koordinat
P (-3,2), Q (0,4), R (4,4), maka
koordinat S adalah…
a. (1,2)
b. (-1,2)
c. (-2,1)
d. (-2,-1)
Jawaban A
14. Kesadaran hukum bagi warga
negara sangat diperlukan dalam upaya pemerintah demi keberhasilan pembangunan
nasional. Hal ini bertujuan untuk…
a. Memahami tentang hak dan
kewajiban sebagai warga Negara
b. Memahami kedudukannya sebagai
warga Negara
c. Mengetahui pentingnya hukum bagi
seluruh warga Negara
d. Membangkitkan kesadaran warga
Negara
Jawaban C
15. faktor abiotik yang mempengaruhi
faktor biotik adalah…
a. Benih cepat tumbuh pada kondisi
gelap
b. Udara bersih disebabkan masih
banyak tumbuhan
c. Longsor dan erosi disebabkan
penebangan pohon
d. Didaerah yang banyak pohon
memiliki simpanan air
Jawaban A
16. Dalam menetapkan hak asasi
manusia membutuhkan norma di masyarakat. Adapun tujuan diberlakukannya norma
didalam masyarakat adalah…
a. Menjamin kebahagiaan jasmani
manusia karena penunaian fungsi moral
b. tidak menimbulkan konflik batin,
rasa menyesal, perasaan berdosa atau kekecewaan
c. menjamin keharmonisan antar
hubungan pribadi
d.menjamin tegaknya harkat dan
martabat pribadi seseorang serta kemanusiaan
Jawaban C
17. Pak Andri adalah guru mata
pelajaran X. Keren adalah keponakan Pak Andri. Dari tes formatif yang diberikan
kepada keren tdidapat bahwa keren tidak menjawab satu soalpun dengan benar.
Dalam hal ini Pak Andri harus bersikap objektif dalam menilai. Ilustrasi
tersebut merupakan gambaran dari…
a. Acuan penilaian
b. Acuan evaluasi
c. Pendekatan penilaian
d. Fungsi evaluasi
Jawaban B
18. Sebagai guru mata pelajaran X,
melakukan penilaian tidak hanya melakukan penilaian kognitif tetapi juga
afektif dan psikomotorik yang berusaha mengungkap kondisi nyata atau keadaan
sesungguhnya yang berkaitan dengan kemampuan peserta didik. Ilustrasi tersebut
menunjukan bahwa guru tersebut telah melakukan penilaian…
a. Autentik
b. Sumatif
c. Diagnostik
d. Formatif
Jawaban A
Penilaian Diagnostik adalah
penilaian yang bertujuan untuk megetahui kelemahan-kelemahan siswa serta
faktor-faktor penyebabnya. Pelaksanaan penilaian semacam ini biasanya bertujuan
untukbimbingan belajar, pengajaran remedial, menemukan kasus-kasus dan
lain-lain
Penilaian Autentik adalah pengukuran
yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah
sikap, keterampilan dan pengetahuan
Penilaian formatif adalah untuk
memperbaiki proses pembelajaran bukan hanya untuk mengetahui tingkat kemampuan
siswa
Penilaian sumatif berkaitan dengan
menyimpulkan prestasi siswa, dan diarahkan pada pelaporan diakhir suatu program
studi. Menggambarkan hasil belajar siswa dalam kurun periode akhir
Penilaian Evaluatif itu untuk
mengetahui keterlaksanaan kebijakan, bukan hanya pada kesimpulan sudah
terlaksana dengan baik atau tidaknya, tetapi ingin mengetahui kalau belum baik
implementasinya, apa yang telah menyebabkan, dimana letak kelemahannya dan
kalau lemah apa sebabnya
19. Penilaian sikap pada
pembelajaran yang berbasis HOTS tidaklah merupakan konsep peilaian skap pada
kurikulum 2013, dalam penilaian sikap dikenal ada instrumen dalam bentuk jurnal
dan penilaian diri. Penilaian diri adalah penilaian terhadap kelebihan dan
kekurangan diri peserta didik dalam konteks pencapaian kompetensi. Sedangkan
jurnal ialah catatan tentang kekuatan atau kelemahan peserta didik yang
berkaitan dengan sikap dan prilaku. Perbedaan penilaian diri dan jurnal dilihat
dari fungsinya adalah…
a. Penilaian diri adalah penilaian
yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian antar teman,
sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh peserta didik
tentang sikap dan prilakunya
b. Penilaian diri adalah penilaian
yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan
jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan
prilaku peserta didik
c. Penilaian diri adalah penilaian
yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal sedangkan jurnal adalah
hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik terhadap sikap dan prilaku
peserta didik.
d. Penilaian diri adalah penilaian
yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal sedangkan jurnal adalah
hasil pengamatan yang dilakukan oleh peserta didik tentang sikap dan prilakunya
Jawaban C
20. Pada saat menyusun tes hasil
belajar langkah-langkah yang benar dalam penyusunan tes akhir belajar dapat
diurutkan…
a. Tabel spesifikasi tes, mentelaah
soal tes, menulis soal, analisis butir soal, uji coba, perbaiki tes,
menafsirkan tes
b. Tabel spesifikasi tes, menulis
soal, analisis butir soal, mentelaah soal tes, uji coba, perbaiki tes,
menafsirkan tes
c. Tabel spesifikasi tes, menulis
soal, mentelaah soal tes, analisis butir soal, uji coba, perbaiki tes,
menafsirkan tes
d. Tabel spesifikasi tes, menulis
soal, mentelaah soal tes, uji coba, analisis butir soal, perbaiki ttes,
menafsirkan tes
Jawaban D
Komentar
Posting Komentar