Soal dan Pembahasan Kompetensi Teknis Profesional SD Lengkap

Soal dan Pembahasan Kompetensi Teknis Profesional SD Lengkap
1. Himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dengan dua perubah x-y = 5 dan 2x-3 = 3 adalah...

a. (7,2)

b. (-7,2)

c. (-2,-7)

d. (2,7)

Jawaban C

2. Karakteristik pembelajaran IPS salah satunya adalah kajian sejarah. Sejarah merupakan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Sehingga sejarah peristiwa yaitu peristiwa yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada waktu lampau. Sejarah sebagai peristiwa merupakan suatu kejadian di masa lampau yang hanya sekali terjadi serta tidak bisa diulang kembali. Perhatikan kalimat dibawah ini!

1. sejarah sebagai peristiwa yang abadi

2. sejarah sebagai peristiwa yang dinamis

3. sejarah sebagai peristiwa yang unik

4. sejarah sebagai peristiwa yang penting

Ciri utama dari sejarah sebagai peristiwa adalah sebagai berikut…

a. (1,2 dan 4)

b. (1,2 dan 3)

c. (2,3 dan 4)

d. (1,3 dan 4)

Jawaban D


3. berikut ini yang termasuk gejala alam abiotik yang dipengaruhi oleh gejala alam biotik seperti batuan yang ditumbuhi lumut adalah…

a. Pelapukan

b. Fotosintesis

c. Metamorfosis

d. Pernafasan

Jawaban A

Pembahasan:
Pelapukan : Abiotik dipengaruhi biotik
Fotosintesis : Biotik dipengaruhi abiotik
Metamorfosis : Biotik dipengaruhi abiotik
Pernapasan : Biotik dipengaruhi abiotik

4. Dalam sejarah kehidupan manusia terdapat hubungan antara manusia dengan lingkungan alam sekitarnya yang lebih dalam dan dengan baik dan yang akan terjadi adalah…

a. Kesehatan, kesejahteraan dan kenyamanan hidup

b. Kerusakan lingkungan dan bencana alam

c. Kemunduran, kesengsaraan dan kemiskinan

d. Polusi tanah, udara dan lingkungan kumuh

Jawaban A


5. Ada seorang pemuda sedang meneropong kelompok band kesayangannya diatas panggung, jika fokus lensa objektif lensa teropong diketahui 14 cm, fokus lensa okulernya 2 cm, maka perbesaran kelompok band yang ada di panggung adalah…

a. 7x

b. 8x

c. 12x

d. 16x

Jawaban A

Pembahasan

Dik:

fob=14 cm, fok=2 cm

M = fob/fok = 14/2 = 7 kali


6. Dua garis lurus berikut : 4x – y + 2 = 0 dan y= 4x +1 adalah…

a. Berpotongan di beberapa titik

b. sejajar

c. Berpotongan dua titik

d. Tegak lurus

Jawaban B


7. Mengajar dikelas yang berjumah 40 orang siswa. Kegiatan yang dilakukan oleh siswa adalahmengulangi pelajaran yang telah diberikan. Anda mengamati kegiatan pembelajaran namun selama pengajaran masih cenderung ramai dan banyak siswa yang bergurau. Berdasarkan hal tersebut, tindakan anda adalah…

a. Memberikan aturan baru dalam berdiskusi dengan materi yang berbeda setiap kelompok

b. membebaskan siswa untuk berdiskusi meskipun ramai an gaduh

c. Memberhentikan diskusi dan memaksa siswa untuk memperhatikan

d. Membiarkan saja kegiatan diskusi yang berlangsung dengan anggapan diskusi cenderung ramai

Jawaban A


8. Untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak, guru lebih tepat memilih alat permainan…

a. Sepeda tiga roda, gerobak kecil dan bola

b. Kartu gambar, kartu kata dan kartu suku kata

c. Cermin, pakaian kostum dan aksesorisnya

d. Krayon, spidol dan kertas gambar

Jawaban A


9. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini, dengan maksud agar…

a. Terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa indonesia

b. Tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa luar

c. Adaptif dengan arus globalisasi saat ini

d. Nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa kita

Jawaban D


10. Pak Tino akan menjelaskan konsep perkalian sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik kepada siswa kelas 3 SD dengan peragaan sebagai berikut:

i) Pak Tinomengajak siswa mengamati lima ekor kucing yang ada dihalaman sekolah

ii) Banayak kepala seekor kucing ada 1, sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 1

iii) Banayak kepala seekor kucing ada 2, sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 2

iV) Banayak kepala seekor kucing ada 4, sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 4

Peragaan yang dilakukan oleh Pak Tino dalam pembelajaran Matematika termasuk pembelajaran…

a. Inquiry and Discovery Learning

b. Contekstual Teaching and Learning

c. Problema Based Learning

d. Cooperative Learning

Jawaban B


11. Hukum merupakan salah satu macam norma yang ada di masyarakat. Sebagai norma hukum memberikan petunjuk yang mengatur dan menentukan tingkah laku dari…

a. Antar golongan

b. Golongan

c. Orang yang satu terhadap orang yang lainnya

d. Orang pribadi

Jawaban C


12. Menurut aturan yang ada yang dapat menjadi warnga negara indobesia antara lain adalah anak yang lahir di wilayah negara RI yang pada waktu lahir tidak memiliki status kewarganegaraan ayah dan  ibunya. Anak baru lahir yang ditemukan diwilayah negara RI selama ayah dan ibunya tidak diketahui. Dengan memiliki aturan yang terdapat dalam UU kewarganegaraan, maka NKRI menganut asas…

 a. Bipatride

b. IUS Soli

c. IUS Sanguinis

d. Apatride

Jawaban B


13. Sebuah bangun jajargenjang PQRS mempunyai sifat sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang dapat dibentuk dari 4 buah titik dengan koordinat

P (-3,2), Q (0,4), R (4,4), maka koordinat S adalah…

a. (1,2)

b. (-1,2)

c. (-2,1)

d. (-2,-1)

Jawaban A


14. Kesadaran hukum bagi warga negara sangat diperlukan dalam upaya pemerintah demi keberhasilan pembangunan nasional. Hal ini bertujuan untuk…

a. Memahami tentang hak dan kewajiban sebagai warga Negara

b. Memahami kedudukannya sebagai warga Negara

c. Mengetahui pentingnya hukum bagi seluruh warga Negara

d. Membangkitkan kesadaran warga Negara

Jawaban C


15. faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik adalah…

a. Benih cepat tumbuh pada kondisi gelap

b. Udara bersih disebabkan masih banyak tumbuhan

c. Longsor dan erosi disebabkan penebangan pohon

d. Didaerah yang banyak pohon memiliki simpanan air

Jawaban A


16. Dalam menetapkan hak asasi manusia membutuhkan norma di masyarakat. Adapun tujuan diberlakukannya norma didalam masyarakat adalah…

a. Menjamin kebahagiaan jasmani manusia karena penunaian fungsi moral

b. tidak menimbulkan konflik batin, rasa menyesal, perasaan berdosa atau kekecewaan

c. menjamin keharmonisan antar hubungan pribadi

d.menjamin tegaknya harkat dan martabat pribadi seseorang serta kemanusiaan

Jawaban C


17. Pak Andri adalah guru mata pelajaran X. Keren adalah keponakan Pak Andri. Dari tes formatif yang diberikan kepada keren tdidapat bahwa keren tidak menjawab satu soalpun dengan benar. Dalam hal ini Pak Andri harus bersikap objektif dalam menilai. Ilustrasi tersebut merupakan gambaran dari…

a. Acuan penilaian

b. Acuan evaluasi

c. Pendekatan penilaian

d. Fungsi evaluasi

Jawaban B


18. Sebagai guru mata pelajaran X, melakukan penilaian tidak hanya melakukan penilaian kognitif tetapi juga afektif dan psikomotorik yang berusaha mengungkap kondisi nyata atau keadaan sesungguhnya yang berkaitan dengan kemampuan peserta didik. Ilustrasi tersebut menunjukan bahwa guru tersebut telah melakukan penilaian…

a. Autentik

b. Sumatif

c. Diagnostik

d. Formatif

Jawaban A


Penilaian Diagnostik adalah penilaian yang bertujuan untuk megetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya. Pelaksanaan penilaian semacam ini biasanya bertujuan untukbimbingan belajar, pengajaran remedial, menemukan kasus-kasus dan lain-lain

Penilaian Autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan dan pengetahuan

Penilaian formatif adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran bukan hanya untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa

Penilaian sumatif berkaitan dengan menyimpulkan prestasi siswa, dan diarahkan pada pelaporan diakhir suatu program studi. Menggambarkan hasil belajar siswa dalam kurun periode akhir

Penilaian Evaluatif itu untuk mengetahui keterlaksanaan kebijakan, bukan hanya pada kesimpulan sudah terlaksana dengan baik atau tidaknya, tetapi ingin mengetahui kalau belum baik implementasinya, apa yang telah menyebabkan, dimana letak kelemahannya dan kalau lemah apa sebabnya


19. Penilaian sikap pada pembelajaran yang berbasis HOTS tidaklah merupakan konsep peilaian skap pada kurikulum 2013, dalam penilaian sikap dikenal ada instrumen dalam bentuk jurnal dan penilaian diri. Penilaian diri adalah penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan diri peserta didik dalam konteks pencapaian kompetensi. Sedangkan jurnal ialah catatan tentang kekuatan atau kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan prilaku. Perbedaan penilaian diri dan jurnal dilihat dari fungsinya adalah…

a. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian antar teman, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh peserta didik tentang sikap dan prilakunya

b. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan prilaku peserta didik

c. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik terhadap sikap dan prilaku peserta didik.

d. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh peserta didik tentang sikap dan prilakunya

Jawaban C


20. Pada saat menyusun tes hasil belajar langkah-langkah yang benar dalam penyusunan tes akhir belajar dapat diurutkan…

a. Tabel spesifikasi tes, mentelaah soal tes, menulis soal, analisis butir soal, uji coba, perbaiki tes, menafsirkan tes

b. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, analisis butir soal, mentelaah soal tes, uji coba, perbaiki tes, menafsirkan tes

c. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, mentelaah soal tes, analisis butir soal, uji coba, perbaiki tes, menafsirkan tes

d. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, mentelaah soal tes, uji coba, analisis butir soal, perbaiki ttes, menafsirkan tes

Jawaban D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAYA DAN GERAK Kelas 8 SMP IPA

LATIHAN SOAL SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN

Soal Latihan Besaran dan Satuan