LATIHAN SOAL EKOSISTEM | Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya

  1.  Beberapa siswa mengamati kolam yang ada di sekitar sekolah, yang di dalamnya terdapat sejumlah ikan yaitu ikan mas, ikan mujair, ada yang besar dan beberapa masih kecil. Sekelompok ikan mas dalam kolam tersebut adalah suatu
    (A) individu
    (B) populasi
    (C) komunitas
    (D) ekosistem
  2.  Halaman sekolah merupakan contoh suatu ekosistem, di tempat itu ditemukan: rumput, batu, air, sekumpulan semut, 10 ekor belalang, seekor kupu-kupu, 3 tanaman jambu dan 2 tanaman mangga. Seekor semut disebut
    (A) individu
    (B) populasi
    (C) komunitas
    (D) ekosistem
  3.  Perhatikan diagram jaring-jaring makanan berikut!
    Salah satu perpindahan energi dapat terjadi dari
    (A) rumput − belalang − kelinci − kijang.
    (B) matahari − rumput − kijang − serigala.
    (C) matahari − rumput − kelinci − burung.
    (D) matahari − serigala − burung − ular.
    ekosistem jaring-jaring makanan
    Gambar soal nomor 3 Jaring-jaring makanan
  4.  Perhatikan bagan jaring-jaring makanan berikut!

    Konsumen puncak pada bagan jaring-jaring makanan tersebut adalah
    (A) musang.
    (B) ular.
    (C) belalang.
    (D) tikus.
  5.  Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!

    jaring-jaring makanan
    Apabila populasi ular diburu untuk diambil kulitnya, akibat terhadap populasi lain adalah
    (A) katak meningkat.
    (B) kelinci meningkat.
    (C) tikus menurun.
    (D) belalang meningkat.
  6. Hubungan antara makhluk hidup berikut yang membentuk simbiosis mutualisme adalah
    (A) kutu rambut dengan manusia.
    (B) tanaman anggrek dengan pohon mangga.
    (C) tanaman benalu dengan tumbuhan inang.
    (D) tanaman kacang dengan bakteri Rhizobium sp.
  7. Contoh yang menunjukkan pola interaksi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan adalah
    (A) cacing pita dan sapi.
    (B) benalu dengan tanaman inang.
    (C) tali puteri dan tanaman beluntas.
    (D) lebah madu dengan tanaman berbunga.
  8. Hubungan antara kerbau dan burung jalak yang memakan kutu-kutu di punggungnya merupakan salah satu kejadian di alam yang disebut
    (A) seleksi alam, keberadaan jalak menyeleksi kehidupan spesies kerbau.
    (B) simbiosis, interaksi yang kuat kedua spesies membentuk saling ketergantungan.
    (C) predasi, kerbau dan jalak sama-sama pemangsa kutu-kutu.
    (D) kompetisi, terjadi persaingan antara kerbau dan jalak dalam mendapatkan kutu-kutu.
  9. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut ini!
    jaring-jaring makanan
    Jika populasi ular diburu untuk diambil kulitnya, yang terjadi adalah
    (A) populasi tikus akan bertambah.
    (B) populasi tikus akan berkurang.
    (C) populasi burung akan bertambah.
    (D) populasi elang akan bertambah.
  10.  Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut!
    jaring-jaring makanan
    Jika tikus kebun dibasmi, yang akan terjadi adalah
    (A) populasi burung hantu meningkat .
    (B) populasi rumput menurun.
    (C) populasi rajawali menurun.
    (D) populasi kelinci menurun.
  11. Di dalam suatu hutan terdapat kijang dan harimau. Jenis interaksi yang terjadi antara kedua hewan tersebut adalah
    (A) simbiosis, kedua spesies hidup erat saling ketergantungan.
    (B) antibiosis, kijang hidupnya dihambat oleh harimau.
    (C) kompetisi, terjadi persaingan dalam menda-patkan makanan.
    (D) predasi, kijang menjadi sumber energi bagi harimau.
  12. Tanaman sirih yang didekatkan ke pohon mangga akan melilitkan sulurnya sehingga batang sirih tumbuh melilit batang pohon mangga sehingga kedua tumbuhan tersebut membentuk simbiosis yang disebut
    (A) parasitisme, tanaman sirih merugikan pohon mangga.
    (B) komensalisme, pohon mangga tidak dirugikan, tanaman sirih dapat cahaya.
    (C) mutualisme, kedua tanaman tersebut saling mendapat untung.
    (D) saprofitisme, tananaman sirih mendapat zat sisa dari batang mangga.
  13. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!
    jaring-jaring makanan
    Apabila rumput mengalami kekeringan dan musnah, populasi yang akan terganggu secara langsung adalah
    (A) kelinci akan meningkat.
    (B) tikus akan menurun.
    (C) ular meningkat.
    (D) kijang menurun.
  14. Perhatikan grafik berikut!
    populasi manusia
    Berdasarkan grafik di atas, populasi penduduk mengalami kekurangan pangan pada tahun
    (A) 1600
    (B) 1800
    (C) 1700
    (D) 1900
  15. Perhatikan grafik di bawah ini!
    grafik hubungan pertambahan pendunduk dengan luas lahan
    Berdasarkan grafik di atas, hubungan antara penduduk dengan luas lahan pertanian adalah
    (A) pertumbuhan penduduk menyebabkan naiknya luas lahan pertanian.
    (B) pertambahan lahan pertanian menyebabkan menurunnya pertumbuhan penduduk.
    (C) pertumbuhan penduduk meningkatkan hasil pertanian.
    (D) pertumbuhan penduduk menyebabkan menyempitnya lahan pertanian.
  16. Perhatikan grafik berikut ini!
    kepadatan penduduk
    Apabila luas daerah tetap, dampak penambahan jumlah penduduk terhadap kondisi lingkungan di daerah tersebut adalah
    (A) meningkatnya kadar uap air di udara.
    (B) naiknya kandungan oksigen di udara.
    (C) kandungan gas karbon dioksida di udara menurun.
    (D) lahan pertanian semakin sempit.

  17. kepadatan penduduk
    Apabila tidak terjadi perluasan lahan, dampak yang akan terjadi terhadap kelestarian lingkungan adalah
    (A) meningkatnya kriminalitas.
    (B) meningkatnya sumber air bersih.
    (C) menurunnya kadar CO2 udara.
    (D) menyempitnya lahan pertanian.
  18. Di negara X terjadi penambahan penduduk yang sangat pesat dalam 10 tahun terakhir. Grafik yang menunjukkan hubungan antara jumlah penduduk dan terjadinya polusi di negara tersebut adalah
  19. Perhatikan grafik pertumbuhan penduduk di suatu daerah berikut! Apabila kecenderungan jumlah penduduk terus meningkat, kemungkinan dampaknya terhadap kualitas lingkungan di daerah tersebut adalah
    (A) menurunnya kualitas air bersih.
    (B) menurunnya kadar CO2 di udara.
    (C) meningkatnya kadar O2 di udara.
    (D) menurunnya tingkat pencemaran air
  20. Pernyataan yang tepat tentang populasi adalah
(A) dalam suatu ekosistem hanya terdapat satu populasi
(B) populasi dapat tersusun oleh lebih dari satu jenis organisme
(C) populasi hanya tersusun dari satu jenis organisme
(D) meskipun berada di pulau yang berbeda asalkan masih satu jenis maka dapat disebut populasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAYA DAN GERAK Kelas 8 SMP IPA

LATIHAN SOAL SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN

Soal Latihan Besaran dan Satuan