Soal Latihan PPPK 2021 Paket 1 Hal 4
KOMPETENSI TEKNIS
1. Pagi ini
penyerahan Raport untuk siswa “SMP Mekar Sari”. Bu Neni adalah Guru Matematika
di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba tiba bu neni di datangi
oleh orang tua murid sambil marah-marah dan menggerutu karena nilai anaknya
jelek padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar. Bu neni kemudian
menjelaskan teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari nilai harian,
PTS, dan PAS serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian yang
lengkap. Dan akhirnya orang tua siswa tersebut dapat mengerti bahwa nilai
anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian Bu neni telah melaksanakan
prinsip penilaian….
a.
Adil
b.
Objektif
c.
Menyeluruh
d.
Sistematis
e.
Akuntable
Jawaban E
2. Dalam setiap
kali penilaian Pak Joko selalu membuat rubric penilaian yang berisi kriteria
penilaian yang mencerminkan komtensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan
prinsip penilaian…
a.
Sistematis
b.
Beracuan
kriteria
c.
Menyeluruh
d.
Sistematis
e.
Akuntable
Jawaban B
3. Dalam setiap
pembelajaran, Pak Candra selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap
siswa terhadap materi yang telah diberikan dalam setiap pembelajaran, hal ini
sesuai dengan prinsip penilaian…
a.
Sistematis
b.
Beracuan
kriteria
c.
Terpadu
d.
Sistematis
e.
Akuntable
Jawaban C
4. Pada awal
semester Pak Budi sebagai guru IPA selalu menjelaskan penilaian yanga akan
dilaksanakan selama satu semester dan penentuan nilai akhir IPA yang akan
dijadikan dasar untuk pemberian nilai rapot. Hal ini artinya Pak Budi telah
menerapkan prinsip penilaian…
a.
Sistematis
b.
Terbuka
c.
Terpadu
d.
Beracuan
kriteria
e.
Akuntable
Jawaban B
5. Perhatikan
butir soal uraian berikut. Sebutkan 3 buah sungan di Provinsi Jawa Barat yang
bermuara dilaut Jawa. Butir soal tersebut…
a.
Cukup bagus
karena jumlah sungan yang ditanyakan sudah terukur
b.
Cukup bagus
karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
c.
Jelek karena
hanya mengukur tingkat berfikir endah/ranah ingatan
d.
Jelek karena
ditulis dalamkalimat yang sangat pendek
Jawaban C
6. Dari banyaknya definisi/batasan
yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian
portofolio adalah…
a.
Kumpulan hasil
karya siswa
b.
Rekaman hasil
karya siswa
c.
Rangkaian hasil
karya siswa
d.
Kumpulan nilai
siswa
e.
Kumpulan siswa
Jawaban A
7. Untuk mencegah
terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling
tepat digunakan adalah…
a.
Tes uraian
bebas
b.
Tes uraian
terbatas
c.
Yang sederhana
d.
Yang sangat
kompleks
Jawaban B
8. Dengan melihat
hasil pre-tes, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan
mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika anda sebagai guru,
manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi ini?
a.
Mengajarkan
seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan iswa lebih baik
b.
3 dari 8 soal
tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
c.
Materi yang
telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar
mengajar
d.
Melaksanakan
pembelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai berdasarkan hasil
pre-test
Jawaban C
9. Dalam rangka
menilai tingkat keberhasilan pembelajaran maka perlu dilakukan penilaian dalam
bentuk tes. Didalampenilaian dikenal dengan istilah tes formatif dan tes
sumatif, perbedaannya adalah…
a.
Cakupan materi
dan bentuk soal
b.
Bentuk soal dan
waktu pelaksanaan
c.
Cakupan materi
dan waktu pelaksanaan
d.
Bentuk soal dan
kondisi peserta didik
Jawaban C
10. Seorang peserta
didik memprotes skor yang diperoleh pada soal nomor 4 dalam ulangan yang telah
dilaksanakan. Menurud siswa tersebut seharusnya mendapat skor 5 akan tetapi
guru memberikan skor 3. Guru tersebut menjelaskan pembobotan nilai pada soal
tersebut dengan menjelaskan kriteria pensekoran yang terdiri dari 0,1,2,3,4,5.
Peserta didik pun mengerti dan menerima skor tersebut. Prinsip penilaian yang
diterapkan guru adalah...
a.
Terbuka
b.
Akuntable
c.
Objektif
d.
Menyeluruh
e.
Adil
Jawaban A
Komentar
Posting Komentar